Oknum pengusaha ternak di panunggulan Tunjung Teja buang limbah sembarangan warga gagal panen.

Header Menu


Gadgets Review

Gadgets Review

Oknum pengusaha ternak di panunggulan Tunjung Teja buang limbah sembarangan warga gagal panen.

INFO PAJAR
Selasa, 17 September 2024



Serang
- INFOPAJAR.COM_

masyarakat  kampung kebon awi RT 012/03, desa panunggulan kecamatan Tunjung Teja serang Banten , mengeluh kan dengan adanya peternakan ayam petelur di kampung nya karena oknum pengusaha peternakan ini buang limbah sembarangan, akibat sawah gagal panen, 


Tanaman padi mereka pada kerdil dan pada mati , karena air limbah dari peternakan tersebut mengalir langsung pada sawah, bukan itu saja bau yang menyengat dan air limbah hitam pekat menimbulkan gatal gatal pada tangan dan kaki sehabis ke sawah.


Di temui di sawah warga kebon awi berinisial J Saat di pertanyakan sudah berapa menggarap sawah di dekat ternak tersebut.

" Sudah lama kang sebelum ada peternakan ini juga di sini garap sawah nya,Ini semenjak ada ternak ini sawah saya ini kurang bagus tidak seperti dulu sebelum ada ternak, ucapnya Minggu 15/09/2024.

 

Warga menambah kan " lihat tuh sawah saya pada kerdil dan lemes batangnya, pada mati, dan baunya yang ini, waduh nggak tahan bahkan di sawah ini banyak belatung nya, abis dari sini nih gatal gatal pada bentol bentol.keluhnya.


Masih kata warga"boleh usaha di sini tapi saya berharap pengusaha ternak itu bikin ipal ( instalasi pembuangan air limbah), jangan langsung mengalir ke sawah kami . Imbuhnya.


Di tempat terpisah kepercayaan bos ternak Siswanto saat dikonfirmasi terkait apakah sudah punya ipal untuk pembuangan limbah nya.Menjelaskan 

" Peternakan ini sudah berdiri sejak tahun 2012 , di isi 50 ribu ekor ayam, untuk ipal kami belum ada,

Karena setiap sebulan sekali ada pembersihan kotoran, kalau air limbah yang mengalir itu kami ada saluran di bikin dam, Dalihnya.


Siswanto menambahkan " kami sudah ngasih kompensasi ke 16 RT setiap bulan 100 ribu dan telor satu kilo per satu RT, 


Namun saat di pertanyakan kembali di mana yang di dam nya, dan ngasih telor pecah/ rijekan.

Di ujung pak, berhubung ada kayu yang roboh ke saluran tersebut dan makanya air nya limbah nya meluap ke sawah.,

Terimakasih atas informasinya saya akan infokan ke bos saya mudah mudahan ke depan nya bisa di bikin ipal dan bisa bergotong royong sama masyarakat sini nya.tutupnya.#( Ali.time)