Lurah Teritih Kec. Walantaka Kota Serang Launching STBM Mandiri

Header Menu


Gadgets Review

Gadgets Review

Lurah Teritih Kec. Walantaka Kota Serang Launching STBM Mandiri

INFO PAJAR
Rabu, 30 Maret 2022








KOTA SERANG - infopajar.com

Turut serta dalam rangka mewujudkan Kota Serang menuju Kota Bersih dan Sehat. Kepala Kelurahan Teritih bersama Pemerintah Kecamatan Walantaka menggelar acara Launching Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pembangunan penyediaan Jamban Keluarga sekaligus Deklarasi Pilar 1 Stop Buang Air Besar Sembarangan di halaman Kantor Kelurahan Teritih, Selasa (29/03/2022).


Secara seremonial, acara deklarasi dan launching STBM tersebut secara langsung dibuka oleh Ketua TP PKK Kota Serang Hj. Ade Jumaiyah Syafruddin. 


Tampak hadir pula dalam kesempatan itu Satgas STBM Kota Serang, Danramil Kecamatan Walantaka, Polsek Walantaka, Kepala Kelurahan SeKecamatan Walantaka, Ketua TP PKK Kelurahan Teritih, Seluruh Kader PKK Teritih, FPPL Kota Serang, FPPL Kecamatan Walantaka, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.


Kepala Kelurahan Teritih, Sadeli S.Sos M.si. didalam sambutannya mengungkapkan, bahwa dirinya bersama warga masyarakat Kelurahan Teritih mendukung program pelaksanaan pembangunan STBM. 


"Hal tersebut guna memenuhi standar kelayakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, direncanakan akan membuat fasilitas Jamban Kloset rumah tangga sebagai sanitasi , "ungkap Lurah Teritih, Sadeli S.Sos M.si.


Masih kata Lurah Teritih, pembuatan sanitasi tersebut merupakan hasil sumbangan swadaya seluruh warga secara sukarela. 


"Namun begitu, dari data total keseluruhan nya belum dapat dirampungkan sekaligus. Secara bertahap, kita semua yakini itu bakal segera diwujudkan, " katanya.


Lurah Teritih menyebut dari data keseluruhan,  bahwa masih ada sebanyak 162 rumah tangga yang belum memiliki jamban dan sanitasi yang baik.


"Terdata, kini masih ada 162 Rumah Tangga yang belum miliki sanitasi. Dari total keseluruhan itu, pada tahap awal ini, rencananya 24 Rumah Tangga akan segera terealisasi, " ucapnya.


Menyangkut hal itu kondisi minimnya anggaran yang dimiliki dirasakannya masih menjadi kendala. Meskipun, menurut Lurah Teritih dalam pelaksanaannya juga telah melibatkan para pelaku usaha di wilayahnya. 


"Kita akui, sebagai Kepala Pemerintahan yang mau tidak mau harus ikut puter otak. Tapi, kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada segenap warga atas bantuannya hingga urunan secara sukarela, " lanjutnya.


"Dan Alhamdulillah..., adanya bantuan lain dari pihak lain berupa donasi maupun berbentuk material, seperti halnya dari pihak Developer Perumahan Puri Cempaka Residence yang telah ikut mensupport kebutuhan pembangunan ini berupa bahan material seperti Semen dan lainnya," ujarnya.


Selanjutnya, diungkapkan Camat Kecamatan Walantaka, H. Karsono S.Sos M.si juga dalam sambutannya mengatakan, bahwa program tersebut Merupakan Program swadaya masyarakat yang bertujuan untuk menggerakkan potensi di masyarakat agar selalu menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat. 


"Untuk itu, kita semua harus bersama-sama dan gotong royong dalam melakukan peningkatan perilaku hidup dan bersih, " ungkap Camat Kecamatan Walantaka, H. Karsono S.Sos M.si.


Lanjut H disampaikan H. Karsono, bahwa sesuai data tertulis, sebelumnya ada sekitar kurang lebih 4000 rumah Kepala Keluarga diwilayah kecamatan walantaka yang masih BABS atau dolbon. 


"Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat segera dituntaskan dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat, " lanjutnya pungkas.


Pada Deklarasi STBM Kecamatan Walantaka kali itu, selain Launching STBM Kelurahan Teritih juga secara bersamaan dengan adanya Launching untuk Kelurahan Cigoong. 


Untuk diketahui, bahwa sebelumnya sudah ada 2 Kelurahan lain yakni Kelurahan Pipitan dan Tegal Sari yang telah melaksanakan program STBM Mandiri, yakni : Kelurahan Pipitan serta Kelurahan Tegal Sari. 

Redaksi IP*/.